Thursday, December 30, 2010

Memperbaiki Laptop


Memperbaiki laptop
Memperbaiki laptop? Hmmm,,, ini dia yang saya suka. Masalah laptop yang paling sering saya hadapi layar laptop blank / bleng / blang, laptop berbunyi nut-nut-nut, laptop gak mau ngecas / nge-charge, tampilan di layar ngeblink / kedip-kedip kriup gak jelas kayak kurang listrik, malah ada juga yang gak bisa masuk windows atau operasi system.

Memperbaiki masalah di atas bisa kita cek terlebih dahulu komponen mana yang akan kita perbaiki, jangan sampai salah memperbaiki. Dan disini saya hanya bisa memberi solusi sekunder, sejujurnya saya bukan ahli, hanya pengalaman saya tentang laptop cukup beragam. hohoho

1.       Layar laptop blank atau hitam secara perlahan : sudah tentu hubungannya sama VGA, memperbaiki VGA nya? Sabar dulu,,,pengalaman saya menyebutkan sudah ganti layar tetap saja begitu,hanya beberapa bulan malah ngadat lagi. Coba dulu pakai VGA output yang ada di pinggir laptop, trus colokin deh ke monitor atau tv lcd atau tv led. Klo berhasil? Ya sudah laptop anda gunakan saja di rumah menggunakan monitor. Daripada memperbaiki layar atau VGA akan lebih mahal ketimbang beli monitor. Hehehe
Itu sih saran saya…

2.       Laptop bunyi nut-nut-nut : klo ini sih dipastikan RAM, janngan buru2 diganti RAM nya, saying tuh segel laptop. Hehehe biasa saja socketnya yang ingin anda memperbaiki nya. J
Klo seperti ini sih, saya restart aj, biasanya juga sembuh.

3.       Laptop gak mau ngecas : klo ini sih laptop saya banget, Cuma saya belum bisa memperbaiki nya. Solusinya saya ngecas laptop dalam kondisi suhu si tubuh laptop saya sudah dingin.
“Nah, klo laptop saya batrenya cepet abis ( saya lupa bahasanya klo cepet abis batrenya apa?),”
Jika kondisi seperti itu, gampang saja. Tunggu laptop dingin, colokin charger trus nyalain laptop, klo lampu indikasi pengecasan mati. Gak apa-apa masih bisa dipakai selama charger masih nyolok. Percaya deh, laptop saya juga kek begitu. Hehehe
Ahaaa,,,saya ingat batre cepet habis tuh istilahnya ngedrop. Ingin juga memperbaiki batre laptop yang ngedrop? Indonesia emang gudangnya insinyur perbaikan. hohoho


4.       Next,sekarang klo misal laptop kayak kurang listrik, coba periksa kinerja keyboard laptop anda mungkin saja keyboard latop anda suka ketik sendiri. Nah klo yang kek gini saya suka pakek keyboard external. Sekarang banyak tuh keyboard USB.  Itu sih solusi,,,
Klo misalnya keyboardnya betul, saya kurang tau masalahnya berasal darimana.hehee

5.       “Klo laptop saya gak bisa masuk windows bang.” Nah ini masalahnya bisa juga karena hardisk, pernah di coba di install ulang tapi gak bisa juga, udah berapa kali ganti kaset windows, masih gak bisa juga.
Dulu waktu kayak gini saya format semua hardisk saya lalu install ulang dan berhasil,.
Data pun hilang seisi hardisk. Sebagian selamat menggunakan aplikasi recovery.


Jangan cemas, sebenarnya bisa di tanggulangi hanya terlalu panjang jika saya jelaskan disini.
Saya akan bahas di halaman lain saja. Atau anda bisa juga mengikuti link ini.
Oke sekian dari saya tentang memperbaiki laptop semoga bermanfaat. Amin…
  Selamat memperbaiki !!

No comments:

Post a Comment

Baca Informasi Lainnya