Friday, January 29, 2016

CARA MEMPERBAIKI DEKSTOP BLANK / BLENG

pernahkah saat start windows layar anda hitam bleng / blank tetapi masih terdapat kursor mouse.
jika memang demikian itu adalah serangan virus, pada awalnya saya menggunakan task manager untuk melakukan recovery, tapi ternyata cara itu kurang efektif.
tapi akan saya sharing cara yang kurang tepat itu, berikut pengalaman saya yang berhasil mengatasi masalah seperti ini.



KASUS
layar blank hitam setelah login user hanya kursor mouse yang mondar-mandir. untuk beberapa kasus terdapat dialog box seperti gambar di bawah.

command error  karena layar blank hitam

ANALISA
Komputer terkena virus sehingga mengakibatkan beberapa aplikasi start up terinfeksi virus dan tidak bisa berjalan secara normal. dalam kasus layar blank ini aplikasi yang terinfeksi virus adalah program explorer.exe yang mengakibatkan desktop tidak bisa ter-load.

PENANGANAN MEDIS

CARA-1 (Solusi sementara untuk dapat menampilkan dekstop,jika layar blank hitam cuma ada kursor mouse aja)
1. Tahan tombol CTRL dan ALT kemudian tekan tombol DELETE
2. pilih task manager
tampilan task manager pada windows 8

3. pada menu "file" pilih "run new task"
 
4. isi kolom tersebut dengan 'explorer.exe' (tanpa tanda petik) seperti pada gambar di bawah ini

5. selesai, dekstop akan muncul seperti sehat.
6. Lakukan penginstalan antivirus terbaru, untuk saya pribadi saya gunakan Eset smart security versi TRIAL. dengan harapan bisa menghapus virus ini walaupun perlindungannya hanya 1 bulan (proses scanning berjalan sangat lama, silakan ngopi dulu sambil nunggu).
7. cara di atas sudah saya test dan work 100%.


CARA-2
 Untuk cara ini segera lakukan install ulang pada pc anda kemudian install antivirus terbaru, lakukan aktivasi trial jika gak mau beli yang penting virus terbasmi,.

EXTRAS (Sharing Pengalaman saya pada kasus ini)
saya pernah melakukan system restore untuk menormalkan kembali laptop yang layarnya blank tadi, tapi ternyata itu langkah yang kurang tepat karena hanya akan memperparah keadaan dan memeberikan ruang gerak lebih luas untuk virus menginfeksi program-program penting di windows (virus ini menginfeksi file berekstensi .exe dan juga memunculkan file yang tidak kehendaki berkstensi .eml hampir pada seluruh folder yang ada di laptop.


Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis setelah saya berhasil melakukan uji coba pada Asus 1015 CX Windows 8.1 saya. Namun dengan kondisi, type, model, versi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

No comments:

Post a Comment

Baca Informasi Lainnya