Monday, January 10, 2011

Memperbaiki Komputer


Memperbaiki Komputer berdasarkan jenis kerusakan
Oleh : diaz_u2nice
Memperbaiki komputer ada 2 jenis:
1.       Memperbaiki hardware alias perangkat keras : masalah yang timbul di karenakan komponen hardware bermasalah
2.       Memperbaiki software alaias  pernagkat lunak : masalah yang timbul disebabkan operating system seperti windows,linux, atau mac yang bermasalah.
Disini kita akan bahas masalah yang disebabkan perangkat hardware, perangkat penting komputer terdiri dari
·         RAM,
·         Mainboard atau motherboard (biasanya sudah termasuk VGA card,Sound card,dan LAN card)
·         Hard disk
·         PSU atau power supply unit
·         Dan tambahan nya CD ROM atau CD-RW maupun DVD ROM atau DVD-RW
Nah masalah yang terjadi biasanya ada pada PSU, RAM dan hardisk, jarang sekali terjadi masalah pada main board.
Jika di bahas satu-satu maka akan panjang sekali,,,,, jadi saya hanya ingin member pengalaman saya saja yang sering di temui. Apalagi jika komputer bekas atau dan bukan build up, biasanya terjadi banyak masalajh itu yang komputer rakitan, karena terkadang komputer rakitan tiap komponen tidak cocok satu sama lain karena beda seri nya.
Untuk memperbaiki komputer yang bermasalah RAM nya, biasanya jika RAM bermalah, komputer berbunyi nut-nut-nut, dan juga bisa terjadi tidak bisa masuk bios, jika komputer dinyalakan komputer tidak menampilkan apa-apa.
Langkah pertama coba untuk cabut RAM kemudian pasang kembali, atau jika ada soket yang kosong pindahkan posisi RAM.
 Lain lagi untuk memperbaiki hardisk, saya sudah posting di postingan sebelumnya.
Nah jika kita ingin beli komputer 5 point di atas patut di perhatikan, dan di periksa,
Saya punya pengalaman cek PSU saya lewat(tidak saya periksa), hasilnya sekarang komputer saya bermaslah karena PSU tidak stabil memberi suplay listrik.
Untuk memeriksa PSU, bisa dengan mencoba menggunakan kipas pendingin yang memeliki lampu, jika terkadang si lampu kedip-kedip, atau suara kipas terdengar kasar dann tidak stabil. Berarti PSU tersebut bisa membawa bencana di kemudian hari pada komputer anda.
Untuk memperbaiki software saya akan buat postingan terpisah supaya tidak bingung, biasanya software itu pada umumnya menggunakan windows bukan? maka saya akan memposting bagaimana cara memperbaiki windows.
Sekian sobat, jika ada kekurangan atau ingin menambahkan dan berbagi pengalaman, anda bisa mengisi kolom komentaR.
Salam memperbaiki!!

No comments:

Post a Comment

Baca Informasi Lainnya