Monday, February 15, 2016

[ MEMPERBAIKI LAPTOP ] INFEKSI FILE JENIS .EML ATAU EKSTENSI .EML

Pada menu postingan saya sebelumnya saya mendapat masalah dengan dekstop blank. ulasan lebih lanjut dan cara penanganannya ada dalam postingan saya mengenai memperbaiki dekstop blank.
ketika anda menemukan masalh seperti ini, harap jangan anggap sepele. mungkin saja anda bisa mengembalikan pengaturan windows dan sistem operasi di laptop anda akan berjalan normal. tapi itu hanya sementara. virus sudah mulai menyerang anda,
pada saat restore system virus ini menjangkiti file jenis .html dan .exe



Gejala awal dari serangan virus .eml
setelah sukses booting dan load user pada windows. layar windows blank (tidak bisa menampilkan dekstop / dekstop tidak muncul) hanya layar hitam saja dengan indikasi kursor mouse yang masih dikendalikan.
jika anda melakukan restore system restore dan berhasil. beberapa waktu kemudian atau mungkin hitungan bulan. anda akan menemukan file-file berkahiran .eml dengan nama awal sesuai nama foldernya masing-masing, kadang juga tampil atau muncul file readme.eml . memang hal ini tidak mengganggu, tapi ini merupakan indikasi bahwa anda sudah terserang virus yang cukup tangguh.

SOLUSI SEDERHANA MENGHAPUS FILE BELAKANGNYA .EML
install antivirus terbaru lakukan udate kemudian scan seluruh komputer

SOLUSI TINGKAT 1 MENGHAPUS FILE BEREKSTENSI .EML
- buka command prompt
- ketik 
del /s /f /q c:\*.eml    ===> untuk menghapus .eml di drive C:\

del /s /f /q d:\*.eml    ===> untuk menghapus .eml di drive D:\ 

del /s /f /q e:\*.eml    ===> untuk menghapus .eml di drive E:\
dan seterusnya sesuai kebutuhan anda
 contoh gambar di bawah ini
akibat dari pergaulan bebas komputer atau laptop anda dengan virus ini menyebabkan
1. browsing menjadi sangat lamban, lemot parah
2. mungkin komputer juga akan sangat lamban sekali, jika diperikasa di task manager program yang di proses selalu di atas angka 90%
3. oh iya cek juga di task manager terdapat program yang bejalan bernama runounce.exe atau ada juga runonce.exe ini merupakan sumber virusnya.


note : berdasarkan pengalaman saya, saya melakukan install ulang dan langkah pertama setelah inul adalah install antivirus saya coba avast dan eset pada dua kasus berbeda dan merelakan file ekstensi .exe dan .html untuk habis di delete dan di quarantine antivirus karena terjangkit virus ini.
saya menggunakan antivirus gratisan berbentuk trial selama 1 bulan hanya untuk menghilangkan virus runonce.exe atau runounce.exe


Disclaimer :

Tutorial di atas saya tulis setelah saya berhasil melakukan uji coba pada PC Dekstop pribadi saya. Namun dengan kondisi, type, model, versi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.


No comments:

Post a Comment

Baca Informasi Lainnya