Thursday, February 25, 2016

PC DEKSTOP LENOVO MATI TOTAL DENGAN BUNYI BEEP 2X

Sesuai dengan judul di atas, jadi komputer kantor saya mati total. dia gak mau hidup sama sekali. pada saat dinyalakan pc hanya berbunyi beep panjang diikuti satu kali beep pendek.

PC tidak mau masuk bios, yang juga berarti pc ini tidak bisa load windows. meski demikian kipas CPU (puling pen) masih menyala. cek hardisk dan cek RAM pun masih Oke. saya pun mengambil kesimpulan,

Asumsi sementara saya saat ini kemungkinan suplai listrik tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh motherboard. kemungkinan kedua adalah adanya masalah pada motherboard. Hingga postingan ini di terbitkan solusi belumm  saya temukan. komputer masih mati dengan kondisi diatas.

walaupun belum menemukan solusi tapi saya memiliki pelajaran baru dari kejadian ini.
1. user membutuhkan data yang terdapat pada PC matot tadi.
    Saya mencoba untuk memindahkan harddisk dari PC matot ke komputer lain dengan merk dan type sejenis. dan ternyata cara ini berhasil. windows berhail load dari harddisk tadi. berbeda hal jika memindahkan harddisk yang sudah terinstall windows tapi mainboard yang akan kita gunakan berbeda dengan mainboard asalnya. itu harus dilakukan install ulang kembali windows.


Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis setelah saya berhasil melakukan uji coba pada PC Dekstop di kantor saya. Namun dengan kondisi, type, model, versi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

No comments:

Post a Comment

Baca Informasi Lainnya