Thursday, January 6, 2011

Cara Memperbaiki Printer


Oleh : diaz_u2nice
Cara memperbaiki printer rusak itu tergantung dari merk dan jenis apa printer yang akan perbaiki,
Disni saya akan memberikan penjelasan untuk printer Canon , printer Epson , dan printer HP. Karena ketiga merk tersebut sangat umum dan banyak di jumpai di rumah-rumah ataupun kantor lembaga pemerintah maupun di kantor swasta.
Secara umum, biasanya kerusakan pada printer adalah
·         Kertas menggulung di dalam printer ( paper jam)
·         Printer warna tertentu tidak mau keluar alias gak nyata
·         Dan lampu indicator printer blinking alias ngebling bin kedip-kedip
Rasanya ketiga masalah di atas yang paling sering saya jumpai terhadap orinter-printer yang rusak.
Untuk memperbaiki printer dengan kondisi kertas menggulung atau paper jam, berarti komponen printer yang bermasalah adalah as pemutar kertas, periksa gear-gear yang ada di dalam printer, apakah ada yang patah atau slek, jika tidak perhatikan juga karet untuk menarik kertas,biasanya ada di tengah. Untuk spesifikasinya ikuti link di bawah ini :
| memperbaiki printer HP karena paper jam |
Untuk memperbaiki printer rusak karena tinta warna tertentu tidak keluar atau gak nyata. Masalah ini terjadi karena kita sering gonta-ganti tinta ( apalagi yang menggunakan infuse tinta), atau tinta printer tidak kompatibel dengan printer. Sebelum memperbaiki head yang notabene sering di bilang kering, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan head cleaning dan pasang copot cartidge secara terus menerus sampai keluar, jika tidak sabar silahkan untuk mencoba merendam head dengan air hangat atau alcohol untuk melunturkan tinta yang kering(saran saya jangan melakukan sendiri di rumah,karena perlu keahlian khusus untuk memperbaiki head cartridge,saya pernah melakukan sendiri di rumah dan hasilnya nihil,tapi untuk pengalaman anda pun bisa mencobanya untuk menambah ilmu,dan lakukan secara hati-hati dan teliti). Bisa juga komponen yang bermasalah adalah cartridge nya, coba kocok-kocok cartridge sampai keluar tinta dari lubang keluar tintanya.
| memperbaiki printer HP karena tinta tidak nyata atau timbul |

Lainlagi jika printer anda blinking alias kedip-kedip
Coba gunakan software resetter untuk mereset printer anda, jika sedikit kesulitan bisa juga dengan merestart printer beberapa kali,kemudian cabut kabel daya ( kabel colokan listrik) dan kabel usb yang terhubung dengan komputer dari printer, diamkan beberapa jam kemudian coba lagi nyalakan printer anda.
Untuk sementara saya hanya memiliki program resetter untuk printer Epson, karena di rumah saya menggunakan printer Epson.
Untuk mendownloadnya klik | disini |
OKe, sekian sobat sekalian cara memperbaiki printer semoga bermanfaat. Jika ada keluhan atau masukan bisa menambahkan di kkolom komentar. Terima kasih. Salam memperbaiki!

No comments:

Post a Comment

Baca Informasi Lainnya