Thursday, December 30, 2010

Memperbaiki Hardisk


Memperbaiki Hardisk

Memperbaiki hardisk ? hmm,,, rasanya saya saja belum pernah nyoba memperbaiki hardisk, hanya yang saya tahu hardisk itu kan di dalam nya terdapat piringan bermagnet, jadi menurut saya sedikit tidak mungkin jika hardisk rusak diperbaiki, karena sampai saat ini saya belum menemukan komponen disk magnetic. Hanya saya bisa membantu sobat-sobat untuk menyelamatkan sebagian data pada hardisk yang rusak tersebut, selama masih bisa terdeteksi oleh CPU.
Nih saya kasih contoh daleman hardisk, kurang lebih seperti inilah,,, hehehe
Nah loh, bingung kan? Sama saya juga. Hoho
Maklum saya jarang masuk kuliah jadi agak bingung juga jelasinnya.

By the way, daripada kita bingung susah-susah memperbaiki hardisk lebih baik kita selamatkan terlebih dahulu data yang ada pada hardisk yang sakit (boleh saya bilang memperbaiki hardisk cara saya).
Di posting sebelumnya saya pernah posting tentang memperbaiki flashdisk, nah disana ada software untuk recovery data, sebenernya sih itu digunakan untuk recovery data di hardisk, namun saya pernah coba untuk digunakan di flashdisk dan berhasil, hanya saja kurang maksimal dan banyak yang korup, tapi lumayanlah,,, daripada hilang semua datanya.
Software yang bisa untuk recovery di hardisk  yaitu
1.       Stellar windows recovery : nah ini bagi sobat yang pakek system operasi windows, tampilannya juga mudah digunakan dan mudah dipahami.

2.       EASUS data recovery : ini hamper sama dengan stellar windows recovery, dan hasilnya pun kadang lebih baik dari stellar.

3.       Testdisk : nah, yang ini sobat kudu hati-hati menggunakannya. Saya saja pernah jadi korban salah instruksi. Hardisk pun bukan selamat malah terformat semua. Hehehe
Untuk testdisk, mekanisme penggunaan nya mirip DOS, makanya kudu hati-hati dari tiap milih opsi di dalamnya. Saya sendiri belum pernah berhasil 100% pakai software ini. Dulu yang saya selamatkan hanya sebagian hasil dari testdisk ini.
Oke sobat semua, sebenarnya masih banyak software recovery yang bisa digunakan, asal sobat mau berusaha dan mencari. Hanya saya berbagi info dan pengalaman, 3 software di atas sudah saya coba semua, dan semuanya tidak ada yang mengecewakan, setidaknya dengan 3 software di atas isi hardisk saya 75% kembali. Hardisk yang rusak pun sudah saya pensiunkan dan beralih pfofesi menjadi ganjal pintu dapur,lumayan masih bermanfaat. Hehehehe,,,
Jika masih penasaran ingin meperbaiki nya? Silahkan berusaha cari sendiri di om google. Asal ada usaha dan kemauan pasti bisa. SEMANGAT!!

No comments:

Post a Comment

Baca Informasi Lainnya