Thursday, December 30, 2010

memperbaiki harddisk


memperbaiki harddisk

memperbaiki harddisk atau memperbaiki hardisk saya rasa sama saja ya? Hehehe
tapi tenang,,,, hadirnya blog ini juga untuk berbagi pengalaman mengatasi masalah di atas dan tentunya berusaha memperbaiki nya.
Rusaknya hardisk bisa saja karena sudah uzur alias tua, dan bisa juga karena sering di format alias keseringan di install operasi system (windows,linux,dll), atau bisa juga karena terlalu sering install remove aplikasi ( adobe audio,photoscape,fruity loops,dll), mengakibatkan terjadi bad sector.
Nah,,,, untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal di atas,
Anda sesekali coba aplikasi di windows yang biasa kita sebut disk defragmenter, fungsinya adalah untuk merapihkan ( memperbaiki ) tata letak data di dalam cakram magnetic hardisk, apalagi jika anda sering hapus data di dalam hardisk (seperti saya, doyan download film tapi kapasitas hardisk kompi pas-pasan, jadi sering hapus data biar di muat-muatin.hehehehe…).
Oke, jika hardisk anda dirasa kurang optimal kerjanya, bisa coba dulu untuk di check disk sebelum memperbaiki nya. Aplikasi ini sudah ada di bawaan windowsnya.
Caranya klik start, trus pilih run kemudian ketikan chkdsk /* (untuk bintang bisa diganti dengan drive yang ingin kita cek disknya. Misal drive C: atau biasa kita kenal local disk C: )
Setelah itu restart kompi anda, itulah yang biasa saya lakukan untuk mengatasi hardisk yang kurang optimal. Hasilnya? Lumayan untuk memperbaiki kerapihan data.
Klo ada info lagi, pasti akan segera saya share kepada sobat sekalian semuanya.
Eits, hamper lupa, saya juga biasa melakukan check disk di flashdisk saya, dan flashdisk saya juga bersahabat dengan defragmenter. Maklum saya juga pernah mengalami rusak flashdisk, lalu di buang tapi datanya masih selamat. Mau tau ceritanya? Klik disini.

No comments:

Post a Comment

Baca Informasi Lainnya