Tuesday, November 20, 2018

Cara Menyambung Kabel Optik Yang Putus [extra video tutorial]


Melanjutkan dari postingan saya sebelumnya mengenai bagaimana menyambung kabel fiber optic (FO) menggunakan mesin splicing yang harga alatnya tidaklah murah. Lalu bagaimana jika terjadi kecelakaan di rumah putus kabel optik yang tidak disengaja dan bagaimana menyambungnya tanpa harus membeli mesin splicing?
Nah, sebelum beraksi sendiri saya sarankan kamu untuk menghubungi pihak yang professional untuk menyelesaikan masalah kabel optic yang putus tanpa disengaja, dalam hal ini mungkin saja dari penyedia jasa(vendor) internet yang dulu memasang kabel optic di rumah atau kantor kamu.
Dan bilamana anda masih “keukeuh” mau pakai cara yang saya sharing disini, boleh saja dengan resiko ditanggung oleh pembaca sendiri, karena saya hanya sebatas menyampaikan informasi yang tidak disarankan untuk dilakukan jika bukan oleh tenaga professional.
Cara untuk menyambung kabel fiber optik yang tanpa sengaja terjadi insiden putus, anda bisa menggunakan
konektor untuk kabel fiber optic.
Bentuknya kurang lebih seperti gambar dibawah ini.
sumber gambar : Tokopedia

Biasanya konektor tersebut bisa kita dapatkan di toko alat listrik(di daerah saya gak ada, tp saya bisa beli dari kawan yang bekerja di Telkom dengan banyak persayaratan tentunya J).
Lalu bagaimana cara menyambungnya?
Berikut sudah saya siapkan video tutorial bagaimana cara menggunakan konektor untuk menyambung kabel fiber optic yang putus.




Sekian informasi dari saya semoga menambah pengetahuan kita tentang bagaimana cara menyambung kabel fiber optik tanpa alat splicing.
Sebagai informasi tambahan akan saya buatkan juga artikel,
Ciao!

No comments:

Post a Comment

Baca Informasi Lainnya