Sunday, January 13, 2019

Terbaru [Update Cara Sambung Kabel Fiber Optik] Tanpa alat

1.      Siapkan Alat & Perlengkapan yang Diperlukan


Pemotong Serat Optik / Stripper, Crimper, Pemotong Diagonal, Splices Inline (konektor),
Terminal Serat Optik, dan Amplas

2.      Identifikasi Kabel Serat Optik & bagian yang rusak atau putus.



Kabel fiber optic standar biasanya berwarna jingga atau orange, terkadang kabel berwarna coklat. Area yag terputus biasanya area yang terlipat atau terkena goresan pada bagian karet pelindungnya,

3.      Gunakan Pemotong Diagonal untuk Memotong Kabel.


Pemotong diagonal untuk memotong bagian kabel yang terputus atau rusak. Setelah dipotong kabel tidak bisa langsung disambung begitu saja. Amplas lah bagian kabel yang terpotong tersebut menggunakan amplas ukuran 2000 atau yang lebih halus lagi. Amplas diatas 2000 biasanya jarang ditemui di took bangunan. Saya mendapatkan amplas ukuran 2000 di tukang airbrush, itupun Cuma dapet dikit. Karena dia emang bukan jualan amplas.

4.      Lebarkan kabel untuk memasukan atau memasang konektor


Langkah ini sangat penting untuk memastikan terminal Anda akan masuk dengan benar di dalam konektor inline ketika Anda siap untuk disambung. Luangkan waktu untuk memastikan secara akurat ukuran panjang strip untuk menjamin perbaikan cepat, pastikan anda memeriksa ujung kabel serat optik rata dengan lubang pada sambungan. Kupas sedikit untuk memudahkan memasang konektor.

5.      Lepaskan Kabel ke Panjang Sebelumnya Yang Terukur



Atur kabel dengan benar di lekukan kepala strip untuk memastikan Anda mendapatkan strip kawat yang bersih, disarankan agar tidak ada kabel atau serat yang berjumbai keluar melewati area strip, ini dapat menyebabkan hilangnya cahaya alias hilangnya data, saat kabel perlu melewati informasi melalui sepanjang kabel yang tersambung.

6.      Masukkan Terminal Serat Optik ke Kabel yang Anda sudah kupas tadi.


Langkah ini cukup mudah, cukup ambil terminal dan selipkan ke ujung kabel serat yang terbuka. Pastikan serat tidak memanjang melewati pembukaan, Anda membutuhkan titik terminasi flush.

7.      Tempatkan Kabel dan Ujung yang Tidak Kusut ke dalam Alat Crimp.


Ambil kabel dengan terminal yang tidak dikencangkan dan letakkan di unit kepala alat crimp. Anda kemudian akan melanjutkan untuk menekan pegangan dari crimper untuk menekan dan crimp terminal ke kabel serat optik. Pastikan untuk menggenggam alat dengan kuat untuk memberikan tekanan yang diperlukan untuk memutarkan terminal dengan benar.

8.      Masukkan Ujung yang Dihentikan ke dalam Sambungan / Konektor One Way In-Line


Ambil kedua ujung yang telah Anda crimping dan masukkan ke dalam lubang yang ditentukan dan dorong sampai Anda mendengar bunyi klik. Anda harus memastikan keseluruhannya jika terminal didorong sepenuhnya ke sambungan in line, ini akan memastikan cahaya tidak akan tersebar di lebih dari satu arah.

9.      Lakukan "Tug Test" dengan Menarik Kedua Sisi.


Setelah Anda memasukkan kedua sisi dan mendorongnya ke tempatnya di dalam sambungan in-line, pastikan untuk menarik tarikan yang kuat pada kabel untuk memastikan mereka akan tetap di tempatnya jika ditarik.

1 comment:

  1. Ini cara untuk memperbaiki kabel fiber optik yang putus , makasih informasinya gan.

    ReplyDelete

Baca Informasi Lainnya