Tuesday, July 2, 2013

CARA MEMPERBAIKI LAPTOP



Untuk seorang teknisi memperbaiki itu seharusnya ada tahapannya, karena segala sesuatu itu pasti ada tahapannya. Nah bagaimana jika kita ingin jadi teknisi amatir? Gampang saja,sebelum kita menyerahkan pada pihak ahli (dalam hal ini teknisi professional.hehehe…) kita coba saja perbaiki sendiri laptop ataupun barang lainnya  dengan modal analisa dasar untuk memperbaiki dan keberanian tingkat atas.
Yang pertama harus sobat perhatikan adalah analisa gejala yang menjangkiti laptop sobat semua, jika tahu penyebabnya kita akan lebih mudah untuk memperbaikinya. Walaupun sekarang ini sudah banyak yang jpaham perkara perangkat lunak ataupun perangkat keras computer sehingga akan lebih mudah untuk memperbaiki laptop, karena pada dasarnya computer dan laptop sama saja perangkatnya. Yang membedakannya yang satu bisa dijinjing yang satu lagi buat dipake di rumahan.
·       Memperbaiki Keyboard
ini biasanya agak sering ditemui untuk memperbaiki keyboard laptop, biasanya keyboard laptop bermasalah dengan mengetik sendiri tombol tertentu, atau juga beberapa tombol tertentu mati. Jika sobat mengalami hal seperti ini, buka laptop sobat, ngat hati-hati ya… soalnya perangkat yang satu ini bagian-bagiannya mudah patah terutama harus diperhatikan saat membuka engselnya.
Sebelum membuka laptop sobat semua,,,ada baiknya bersihkan terlebih dahulu dari luar keyboard sobat sekalian. Mengunakan sikat gigi atau kuas cat kecil.
Jika masih juga ngadat keyboardnya, barulah kumpulkan keberanian anda untuk membuka laptop kesayangan sobat sekalian untuk membersihkan dari dalam keyboard laptop yang rusak. Ingat langkah di atas ok, hati-hati..
Setelah dibuka perhatikan kabel port keyboard, pastikan tidak ada yang putus. Barulah sobat sekalian bersihkan keyboard sobat sekalian yang sudah dicopot menggunakan kain bersih atau tissue.
Jika sudah dipasang kebali dan dicoba masih saja ngadat. Maka keyboard laptop sudah saatnya diganti. Harganya lumayan bervariasi, 300rb sampai 1jt-an. Tergantung merk dan kualitasnya. Jika ingin berhemat dn tidak ingin mengganti keyboard laptop, ikutilangkah di bawah ini :
1.      Beli USB Hub
2.      Beli keyboard dengan colokan USB
3.      Gunakan USB Hub untuk memperbanyak port USB yang salah satunya dgunakan untuk keyboard eksternalnya. Beres kan???
Jika masih kendala karena keyboard laptop mencet sendiri, cabutsaja bkabel port keyboard laptop, lalu gunakn keyboard eksternal, asal jangan malu aja,,,tiap bawa laptop yaaaa,,bawa keyboard juga.
·       Memperbaiki hardisk

saya udah bahas pada artikel sebelumnya,,bagaimana cara memperbaiki hardisk. Bisa ikuti langkah yang sudah saya tuliskan sebelumnya. Semuanya ada tiga edisi untuk memperbaiki hardisk. Silahkan di cek saja. Klik disini atau ikuti di link yang ada dalam artikel dengan kata memperbaiki hard disk.
·       Memperbaiki lcd
Indikasi jika LCD sobat semua perlu diperbaiki mudah saja, tamppilan di laptop sobat semua pasti bermasalah, untuk masalah yang satu ini tidask ada cara lain selain mengganti LCD lapto p sekalian, atau bersabar dengan tampilan laptop seadanya.

·       Memperbaiki baterai laptop
Ganti saja baterai laptop jika bermaslah dengan baterai, tidak ada cara lain,,,, kecuali jika laptop sobat sekalian tidak bisa mengecas atau charging. Bisa dicoba sedikit tips dari saya,,,
Coba biarkan dingin dulu laptop yang akan discharge atau di cas. Dan sebelumnya sobat semua sudah mengecek kabel casan ataupun casannya laptop sobat sekalian tidak bermasalah. Setelh laptop sobat sekalian dingin coba solokan casan nya, jika ternayata bisa mencas, jangan pernah patah semangat jika lampu indicator mati, gunakanlah laptop seperti biasa, kemungkinan masih masih bisa digunakan asal jangan mencabut casan dari laptopnya.
·       Memperbaiki blue screen

Wahhhh ini artikel udah panjang banget,,,, kita bahas memperbaiki blue screen di artikel berikutnya saja ya,,,
Semoga artikel ini bermanfaat.. saran dan kritik bisa ditinggalkan di kolom komentar. See ya!!


BACA JUGA :
LAYAR BLANK HITAM HANYA TERDAPAT  KURSOR MOUSE CARA MEMPERBAIKINYA (FINALLY FIXED 100% WORK)


Disclaimer :
Tutorial di atas saya tulis setelah saya berhasil melakukan uji coba pada Laptop pribadi saya. Namun dengan kondisi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat Laptop kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

1 comment:

  1. Terima kasih gan, ane praktekin dulu semoga ajah berhasil..
    www.sebarbrosursurabaya.com dan www.jasaseowebprofessional.com
    #sebarbrosur #sebarbrosursurabaya #jasasebarbrosursurabaya #jasasebarbrosur

    ReplyDelete

Baca Informasi Lainnya