Sunday, December 23, 2018

Membuat Timer sebelum eksekusi menggunakan Command Prompt file .bat

ooke hari ini saya ingin membuat sesuatu perintah command prompt yang dibungkus oleh file .bat untuk eksekusinya.
tujuannya untuk apa?
tujuan saya membuat file .bat ini adalah untuk meringkas pekerjaan saya di command prompt tanpa harus mengetik berulang-ulang.
Saya ingin membuat timer hitung mundur sebelum program yang saya inginkan dijalankan.

oke kita lanjut contoh yang akan saya buat yah,,,

Bagaimana cara membuat hitung mundur untuk menunggu loading program sebelumnya yang tereksekusi di command Prompt?

Solusi yang saya buat untuk kebaikan ya teman-teman,, karena program .bat ini juga bisa saja disusupi virus yang akan buat sendiri.

Oke langkah pertama kita buka terlebih dahulu notepad
kemudian ketikan perintah seperti gambar dibawah ini.
mari kita bedah perintah apa saja yang ada di command tersebut

@echo off  >> ini merupakan perintah untuk tidak menampilkan instruksi yang kita buat di command prompt
instruksi yang mana kakak?
ituloh,,, yang timeout 10 sama start http://bla...bla..bla..

Title memperbaiki.online >> ini adalah untuk membuat tulisan di tab. bisa lihat gambar dibawah ini

tuhh kan ada yang saya lingkari warna merah.. jika ingin ganti misalnya menjadi Title project1
maka yang tampil disana adalah tulisan project1

timeout 10 >>ini dia yang saya mau kasih tau,, gunanya untuk menghitung mundur sebelum instruksi start dimulai. angka bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan ya,,, hitungan itu berlaku per detik, maka kalo pengen hitung mundur 5 menit, ditulisnya 300 (darimana angka ini??? ya dari 5 x 60 detik).

selanjutnya,,

start http://tinyurl.com/aknakina >> Ini gunanya untuk membuka halaman tinyurl anakina. karena penulisan programnya tidak spesifik, maka halaman web tersebut akan dibuka oleh peramban default browser,
bisa gak kakak, kalo pengen dibuka di chrome?
bisa saja asal chrome sudah terinstall, caranya,,
tulis Start chrome http://tinyurl.com/aknakina
maka halaman web akan dibuka di peramban google Chrome,

Pause >> ini untuk membuat command prompt tertahan tampilannya hingga kita memberi instruksi yang baru. kalo liat gambar atas keterangan di cmd "press anykey to continue"

exit >> ini mah gak perlu dijelasin,, gunanya buat nutup cmd. oke coy....


sekian pengalaman saya membuat file .bat untuk menghitung mundur sebelum eksekusi syntax line setelahnya.
semoga bermanfaat.
do it with your own risk responsibility...

1 comment:

  1. barangkali butuh buat contoh bisa didownload di link berikut
    https://tinyurl.com/aknakina2

    ReplyDelete

Baca Informasi Lainnya