Saturday, July 9, 2016

Smartfren ohhh smartfren

Smartfren? Tiap kali mendengar kata itu serasa ada sesuatu yang sangat janggal di hati saya. Seringkali saya kecewa dengan provider operator yang satu ini. Simple saja saya suka jualan kartu perdana juga pulsa elektrik, namun cima dari smartfren yang pelit gak kasih tau gimana cara aktivasi kartu perdana. Jangankan ngasih id penjual, caranya saja gak di kasih tau...
Oke itu sedikit curcol masa kini tentang pengalaman saya dengan smartfren. Kini operator smartfren "mungkin" sedang berevolusi ke jaringan gsm. Loh kok?
Saya aja tau dari istri saya ternyata kartu smartfren bisa di gunakan di hape gsm dengan catatan si hape mendukung jaringan 4G. Meski demikian si kartu smartfren tidak bisa digunakan untuk telpon dan sms. Trus buat apa donk kalo gak bisa telp atau sms?

4G LTE Smartfren hanya mendukung penggunaan koneksi data. Kata sang marketingnya sih bilangnya gini.
"Teknologi smartfren saat ini menggunakan teknologi terbaru LTE (3GPP Long Term Evolution) dengan jangkauan luas di Indonesia. Namun hingga saat ini teknologi tersebut hanya bisa digunakan untuk koneksi data saja. Bapak(maksudnya ke saya,penulis) bisa gunakan jaringan smartfren di Band 40 frekuensi 2300MHz. Untuk dapat menikmati fasilitas call atau sms, bapak bisa gunakan aplikasi VoLTE tersedia di GooglePlay. Setelah itu aktivasi kartu bapak my.smartfren.com dengan membuat akun di website smartfren menggunakan nomor smartfren yang bapak gunakan."
Bagus saya hapal betul... karena memang pembicaraannya saya rekam. Hehehe
Biarpun dia jelasin panjang lebar,,, bukan smartfren namanya kalo gak meninggalkan misteri.
Pertanyaan saya adalah.
1. Bagaimana mau daftar paket internet kalo gak bisa telp atau sms?
2. Pada kasus yang saya temui, kartu smartfren bisa terbaca di hape gsm,, ada sinyal sebentar, terus logo operator dari smartfren ganti ke STARHUB abis itu sinyalnya hilang.
Jawaban saya temukan melalui pencarian google.
1. Untuk mendaftarkan paket, teman-teman bisa berkunjung ke website resmi smartfren seperti yang dijelaskan si marketing di warnet atau di hape anda menggunakan koneksi data kartu lain. Bikin akun dan bla..bla...
Kalo sudah terdaftar baru deh daftarin paket(jangan lupa isi pulsanya dulu)
2. Untuk kasus starhub ada 3 kemungkinan:
A) jaringan smartfren 4G belum tercover di daerah anda.
-Solusi : pindah lokasi anda nyobain pakek smartfeen di hape gsm
B) hape belum mendukung jaringan 4G band 40 Frekuensi 2300 MHz
- solusi : beli hape baru uang mendukung jaringan 4G
C) kartu smartfren belum didaftarkan di jaringan 4G, contoh kasus saya pakek kartu lama di hape galaxy j16 dan starhub abis itu hilang sinyal.
- solusi : daftarkan dulu kartu anda ke galeri atau kantor pelayanan smartfren
Dan jika ketiga solusi di atas sudah dilakukan namun masih saja gak dapat sinyal smartfren. Solusinya adalah dengan memindahkan kartu sim ke port satunya. Misal, tadinya kartu smartfren di slot sim 1, maka matikan hape anda kemudian pindahkan kartu sim smartfren ke slot sim 2. Begitu juga sebaliknya..
Setelah gantian kartu nyalakan hape,,, abis itu kalo udah nyala di restart hapenya... setelah restart matikan hape trus balikin lagi ke slot sim seperti semula. Udah saya coba berhasil kok.
Sekian curhatan saya tentang smartfren ohhhh smartfren...

No comments:

Post a Comment

Baca Informasi Lainnya