Tuesday, November 20, 2018

Forgot Pattern lock on MOTO G XT1033 [flashing use fastboot motorola MOTO G XT1033]



Cara masuk CWM Motorola MOTO G XT1033
CWM yang biasa kita kenal di hape android Samsung dengan menekan vol down atau vol up dibarengi oleh menekan tombol power biasanya akan muncul pilihan CWN ini. Tujuan sederhana masuk mode ini adalah biasanya untuk mereset hape karena lupa pola layar sehingga layar terkunci dan lupa akun google yang digunakan di perangkat android yang kita gunakan. Mode ini dapat mudah dilakukan oleh siapa saja pemilik android, namun demikian penggunaan mode ini bukan tanpa resiko. Jika kita ingin mereset factory atau wipe data. Alangkah baiknya untuk merecovery terlebih dahulu seluruh data yang ada di Handheld atau Hape android anda. Jika alasannya karena layar terkunci dan lupa pola layarnya. Harap maklum saja anda harus merelakan seluruh data yang terkandung di dalam hape anda demi kemaslahatan bersama dan memperbaiki hape android anda sehingga berfungsi ormal kembali layaknya hape baru dari toko. Wipe data factory ini juga mereset seluruh data yang berada di hape anda termasuk pengaturan, aplikasi, kontak, gambar, dan lain sebagainya.
OK cukup sekian basa basi baso tahunya, sekarang kembali ke hasil pencarian google anda yang ingin mengetahui bagaimana cara masuk CWM di Handphone Motorola G XT1033. Kasus ini bermula ketika seorang pasien ingin memperbaiki hape Motorola G. dia lupa pola layar, sehingga hape Motorola G miliknya tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Saat saya Tanya, “Neng, tau gak alamat email google yang di pake di hapenya, profil email yang dipakai di playstore..”.
“engga tau,A…” dengan wajah polos dan pucat pasi khawatir hapenya tidak bisa diperbaiki.
“tenang neng, tar saya usahain dibenerin tapi gak bisa beres hari ini paling besok. Gak pa pa?” jawab saya,
Wajahnya si neng ini mulai sedikit tenang, “Muhun da te sawios,A” dengan sedikit senyuman genit.
“Wah,,,bisa gua garap nih harim. Hahahaha….” Pikir saya dalam hati :D
Setelah si neneng pergi, langsung tancap gas ambil laptop dan senjata saya lainnya untuk persiapan menggarap si neneng.(ups!! HP motorolanya maksudnya,,,)
LANGKAH-LANGKAHNYA SEBAGAI BERIKUT :
1.       Download Motorola device manager. Bisa dicari sementara di google, link belum saya sediakan.
2.       Install device manager Motorola. Bisa berlaku juga di windows xp sp3.
3.       Download juga ADB manager. Kemdudian install juga ADB manager (optional)
4.       Download fastboot, biasanya berbentuk .zip extract filenya kemudian di folder yang sudah terdapat file fastboot.exe yang di extract tadi tahan tombol “shift” diikuti klik “kanan”. Tampilannya seperti di bawah ini


5.       Siapkan Hape Motorola G anda di menu AP fastboot flash mode.
6.       Caranya seperti berikut :
a.       Kondisi hape dalam kondisi mati, jika masih hidup matikan dulu.
b.      Tahan tombol vol down
c.       Setelah ± 2 detik, tekan tombol power 3 detik kemudian lepaskan tombol power dan tombol vol down bersamaan. Maka akan tampil seperti di bawah ini


d.      Berbeda dengan android pada umumnya, pilihan scroll atau memilih pilihan menu menggunakan “vol down”, sedangkan untuk memilih (select) menu menggunakan tombol “vol up” jika anda menekan tombol “power” maka hape akan restart kembali. Jika terjadi demikian silahkan matikan kembali hape dan ulangi langkah (a) di atas.
7.       Setelah hape anda tampil seperti di atas, colokan kabel usb ke Hape dan PC anda.
8.       Di bawah tulisan fastboot reason akan ada tulisan tambahan berwarna kuning kurang lebih seperti “cmd getvar”
9.       Kemudian buka command prompt fastboot menggunakan shift klik kanan, tampilan seperti di bawah ini
10.   Ketik “fastboot device” untuk memastikan driver dan adb manager sudah berjalan sesuai harapan. Biasanya jika sudah benar maka ada list akan tampil device yang terkoneksi, jika tidak keterangannya akan menampilkan “<waiting devices>”
11.   Setelah itu untuk me-wipe atau mereset ke pabrikan Motorola G XT1033 anda, gunakan perintah “fastboot –w”
12.   Tunggu proses hingga tulisan di handphone Motorola anda selesai melakukan delete user data dan delete cache.
13.   Setelah itu cabut kabel dari PC  dan restart hape anda, kini hape Motorola G anda akan kembali ke setelan pabrikan. Dengan data-data yang ada di dalamnya terhapus (seperti saya bilang kembali ke setelan pabrikan).
Sekian sedikit cerita dan tutorial memperbaiki Motorola G yang lupa pola menggunakan reset ke setelan pabrikan melalui fastboot.
Untuk kelanjutan cerita eksekusi saya dengan si neneng geulis bohay pemilik hape akan saya ceritakan di blog lainnya yang memuat tentang pengalaman cerita S3K5. Slalom….!!



Disclaimer :

Tutorial di atas saya tulis setelah saya berhasil melakukan uji coba pada Motorola Moto G asal Brazil. Namun dengan kondisi dan environment yang berbeda, bisa saja cara di atas tidak berhasil di perangkat Motorola kamu. Jadi kalau kamu ingin mengikuti cara di atas, kamu paham bahwa resiko gagal kamu tanggung sendiri.

No comments:

Post a Comment

Baca Informasi Lainnya